Kamis, 20 Juni 2013

GURU LUAR ANGKASA

 
BEIJING - Seorang astronot wanita asal China yang mengorbit 340 kilometer di atas Bumi memberikan materi pelajaran kepada anak-anak sekolah di China melalui video dari luar angkasa. Wang Yaping, astronot wanita ini menunjukkan cara beraktivitas di ruang tanpa gravitasi.

Dilansir Voanews, Kamis (20/6/2013), Wang Yaping, yang merupakan astronot wanita China kedua menjadi bagian dari tiga kru astronot yang dikirim ke luar angkasa pekan lalu. Mereka menggunakan pesawat luar angkasa Shenzhou-10.

Wang memberikan materi pelajarannnya dari laboratorium luar angkasa Tiangong-1. Wang berpartisipasi dalam sesi tanya dan jawab dengan pelajar di sekolah Beijing.

Ia juga menunjukkan percobaan bagaimana objek bereaksi di lingkungan gravitasi nol. Media setempat mengatakan bahwa lebih dari 60 juta pelajar dan guru antusias menyaksikan kuliah tersebut, yang merupakan hal yang pertama kali terjadi di China.

Seperti diketahui, program luar angkasa di China merupakan terobosan besar dalam waktu yang relatif singkat. Di 2003, China mengirim astronot pertama ke luar angkasa. Lima tahun kemudian, mereka berhasil melakukan spacewalk pertama kalinya.

Kabarnya, China menjalani misi selama 15 hari. Durasi tersebut merupakan yang terpanjang yang pernah dilakukan kru asal negeri tirai bambu tersebut.

Misi tersebut merupakan langkah penting menuju pembangunan stasiun luar angkasa permanen, di mana China berharap bisa merampungkan stasiun ekstraterestrial tersebut pada 2020. (fmh)


sumber: http://techno.okezone.com/read/2013/06/20/56/825150/astronot-china-jadi-guru-sekolah-di-luar-angkasa 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar